Android P Usung Fitur Baru Untuk Keamanan & Privasi

Android P Usung Fitur Baru Untuk Keamanan & Privasi

155
0
SHARE

Google kabarnya akan menghadirkan fitur baru di sistem operasi Android P yang menawarkan peningkatan privasi dan juga keamanan pengguna. Fitur baru ini memang memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan yang mungkin akan menuai pro dan kontra di kalangan pengguna. Fitur baru pada Android P ini berkaitan dengan akses aplikasi terhadap kamera ponsel, penasaran seperti apa fitur ini?

Raksasa mesin pencari Google saat ini sedang mengembangkan sistem operasi baru penerus Android 8.0 Oreo, yakni Android P. Sistem operasi ini digadang-gadangkan menawarkan fitur dan fasilitas baru yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan versi sebelumnya. Google masih fokus memangkas proses di latar belakang agar performa ponsel lebih ringan.

Salah satu fitur baru Android P adalah menghilangkan akses ke kamera saat ponsel dalam kondisi idle. Saat ini, aplikasi dapat mengakses kamera ponsel saat smartphone dalam kondisi idle melalui background tanpa memberitahu pengguna. Hal ini tentu mengurangi privasi dan keamanan pengguna ponsel. Aplikasi tak lagi dapat mengakses kamera di Android P saat ponsel dalam kondisi idle.

Dari segi privasi, hal ini sangat menguntungkan pengguna. Aplikasi nakal atau mata-mata tak lagi dapat mengambil foto dan video diam-diam saat ponsel idle tanpa notifikasi ke pengguna. Jelas, ini membuat Android P menjadi lebih aman. Namun, di sisi lain fitur ini juga memiliki dampak negatif. Aplikasi keamanan yang memanfaatkan kamera saat idle tak lagi dapat bekerja.

Saat ini banyak aplikasi keamanan yang dapat memotret pencuri ponsel dan mengirimkannya ke pemilik asli tanpa pengetahuan si pencuri. Adanya fitur baru Android P dipastikan fitur ini tak lagi tersedia. Terlepas dari dampak negatif dan positif dari fitur baru di Android P ini, Google sebenarnya sedang meningkatkan keamanan dan privasi pengguna perangkat Android.

 

|| Si O ||

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY