Mulai Beroperasi Hari Ini, Cek Jadwal Kereta Bandara Soetta

Mulai Beroperasi Hari Ini, Cek Jadwal Kereta Bandara Soetta

941
0
SHARE

Jakarta, PT Railink resmi mengoperasikan Kereta Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) mulai hari ini. Di awal pengoperasian, perusahaan menawarkan tiket promo naik kereta bandara hanya sebesar Rp 30 ribu per orang.

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengatakan tiket promo ini akan berlaku pada 26 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018. Setelah itu, pasca diresmikan Presiden Jokowi pada 2 Januari 2018, harga tiket naik menjadi Rp 70 ribu per orang.

“KA Bandara Soekarno- Hatta telah bisa digunakan oleh masyarakat umum sebagai uji coba berbayar mulai tgl 26 desember 2017 sampai 1 Januari 2018,” ungkap Edi di Jakarta, seperti ditulis, Selasa (26/12/2017).

Proyek pembangunan Kereta Bandara Soekarno Hatta melibatkan 3 pihak yaitu PT Kereta Api Indonesia (Persero),PT Angkasa Pura II (Persero), dan PT Railink. Kereta Api Bandara Soekarno- Hatta terdiri dari 10 rangkaian/ trainset dengan kapasitas 272 penumpang di setiap trainsetnya.

Perlu diketahui bahwa pada tahap awal operasional PT Railink baru melayani naik turun penumpang di tiga stasiun yaitu, Stasiun Sudirman Baru (BNI City), Stasiun Batu Ceper, dan Stasiun Soekarno- Hatta.

“Untuk sementara waktu pada tahap awal pengoperasian KA Bandara Soetta, belum dilayani naik turun penumpang di Manggarai karena masih dalam proses pembangunan peron dan jalur KA Bandara oleh Satuan Kerja Proyek DDT DJKA Kemenhub,” tambH Edi.

Lalu, jam berapa saja Kereta Bandara Soetta ini akan berangkat dari masing-masing stasiun?

Pada awal operasional KA Bandara Soekarno Hatta akan melayani 42 perjalanan pada pukul 03:40 – 21:40 rute Sudirman Baru (BNI City) sampai Soekarno-Hatta.

Kemudian pukul 06:10 – 23:10 rute Soekarno-Hatta sampai Sudirman Baru (BNI City). Setelah itu, high way KA Bandara Soetta akan diberangkatkan dari masing-masing stasiun setiap 1 jam sekali.

Kereta Bandara Soekarno Hatta (Soetta) resmi beroperasi mulai Selasa, 26 Desember 2017 ini. Pengoperasian seusai melewati ujicoba final untuk memastikan kesiapan dan kehandalan sarana, prasarana kereta Bandara Soekarno Hatta.

Ujicoba ini sebagai tindaklanjut dari instruksi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, mengingat semula kereta Bandara Soekarno Hatta direncanakan beroperasi pada awal Desember 2017.

“Ini uji coba final. Kita pastikan semua sarana, prasarana dan SDMnya siap, dapat diandalkan” ujar Zulfikri.

Uji coba dilakukan Direktur Jenderal Perkeretapian, Zulfikri. Turut mendampingi antara lain Sesditjen Perkeretaapian, perwakilan Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, PT Railink, Balai Teknik Perkeretaapian Jakarta dan Banten. Ini juga termasuk seluruh tim penguji dari Balai Pengujian Perkeretaapian.

Selain itu, berdasarkan hasil rapat koordinasi yang berlangsung beberapa kali, bersama dengan unsur terkait mengenai persiapan pengoperasian kereta bandara, disepakati bahwa alat transportasi menuju Bandara Soekarno Hatta ini akan beroperasi secara penuh pada 2 Januari 2018.

“Beberapa waktu lalu juga sudah dilakukan pengujian terhadap sarana, prasarana berikut fasilitas operasinya dan juga terhadap SDM-nya. Sebagian besar sertifikat hasil uji sudah diterbitkan, sisanya akan diselesaikan sebelum dioperasikan secara penuh,” papar Zulfikri.

Sejak awal Desember 2017, sarana KA Bandara telah dijalankan secara ujicoba tanpa membawa penumpang, sambil mengevaluasi dan menindaklanjuti rekomendasi hasil pengujian.

Kemudian pada tanggal 24-25 Desember 2017, setelah semua rekomendasi temuan hasil ujicoba tersebut dipenuhi, maka telah dijalankan penuh sebanyak 42 KA per hari, sebagai ujicoba final dengan fokus terhadap penyesuaian jadwal perjalanan serta ketepatan waktu.

Hasil ujicoba final yang telah disaksikan semua pihak adalah telah terpenuhinya semua kriteria yang dipersyaratkan. Mulai tanggal 26 Desember 2017, PT Railink akan melakukan soft launching kereta bandara dengan tarif promo Rp 30 ribu per penumpang.

Beroperasinya KA Bandara Soekarno Hatta menjadi wujud realisasi salah satu Proyek Strategis Nasional. Pengoperasian KA Bandara Soekarno Hatta juga merupakan wujud nyata upaya Kementerian Perhubungan untuk memudahkan akses masyarakat, meningkatkan mobilitas serta menjadi solusi mengurangi kepadatan jalan menuju bandara.

 

Sumber : www.liputan6.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY