Harbolnas, Tips Agar Tidak Tertipu Saat Belanja Online

Harbolnas, Tips Agar Tidak Tertipu Saat Belanja Online

259
0
SHARE

BeritaKoran.com – Tanggal 12 Desember hari ini adalah Hari Belanja Online Nasional. Sebagian besar situs online jor-joran memberikan diskon, bahkan sampai 80 persen. Ini merupakan daya tarik bagi mereka yang akan berbelanja. Apalagi bila yang dilihat adalah besarnya angka diskon.

Namun sudahkah Anda memeriksa apakah diskon yang diberikan memang sebesar itu? Benarkah harga aslinya tidak dinaikkan dahulu sebelum memberi diskon? Apakah barang yang dijual memang asli dan berkualitas, bukan barang cacat?

Agar tidak terhindar dari kerugian saat berbelanja online, berikut 10 panduan aman melakukan jual-beli online yang pernah dimuat di BeritaTekno, namun masih relevan untuk Harbolnas:

1. Lakukan riset terhadap situs web tempat Anda berbelanja

Tips ini harus dilakukan kalau Anda berbelanja seperti pakaian online di situs web yang Anda sendiri kurang familiar. Periksa nomor telepon si penjual dan hubungi.

Kalau tidak meyakinkan, kunjungi mesin pencari Google atau Yahoo kemudian masukkan nama situs web itu. Carilah ulasan dari konsumen mereka. Kalau ada yang tidak beres, sudahlah, tinggalkan saja situs web itu.

2. Baca baik-baik kebijakan situs web terhadap data pribadi Anda

Jangan sampai di kebijakan itu ada poin yang menyebutkan kalau pengelola situs web boleh memberikan data pribadi ke pihak lain.

Baca juga kebijakan pengembalian barang. Karena barang yang dibeli tidak bisa dilihat secara fisik, harus ada garansi kalau barang yang dikirim cacat, Anda boleh mengirim barang cacat itu kembali dan tentu saja diganti dengan barang baru atau uang Anda kembali.

Periksa juga siapa yang membayar pengembalian barang itu.

3. Bandingkan harga

Curigailah pada barang bermerek yang dijual dengan potongan harga yang sangat besar. Bisa jadi barang yang lebih murah tidak memiliki kelengkapan tertentu, sehingga Anda harus memeriksa paket barang dengan membaca deskripsi produk baik-baik.

Selain itu, jangan selalu percaya pada diskon yang diberikan. Pagi ini BeritaLifestyle mencoba membandingkan harga earphone merk Sennheiser dari tiga situs online. Salah satu situs memberi potongan harga hingga 72 persen, namun ternyata harga awalnya adalah yang tertinggi.

Harbolnas, perbandingan harga barang di tiga situs online
Harbolnas, perbandingan harga barang di tiga situs online(wsn)

Walau harga akhir setelah diskon tetap lebih murah dibanding dua situs lainnya, namun hal yang harus kita sadari adalah jangan percaya dan terpaku pada angka diskon. Tetaplah cari harga terbaik dengan barang terjamin.

4. Jangan mudah tergoda barang murah

Jangan buru-buru jatuh cinta pada tawaran barang dengan harga murah yang datang dari e-mail, apalagi meminta ID dan password tanpa izin dari pemilik e-mail. Itu biasanya kerjaan spammer.

Tapi hati-hati, spammer bisa juga merayu. Ia mengirim e-mail yang seolah-olah datang dari perusahaan baik-baik. Sebaiknya, kunjungi situs web perusahaan baik-baik itu dan langsung belanja darisana. Jangan via e-mail atau jendela pop-up.

5. Cari tanda kalau situs web itu aman

Tanda itu biasanya berupa gambar gembok di baris status (status bar) browser. Sebelum memasukkan informasi pribadi, periksa tanda itu ada.

Ketika Anda diminta untuk memasukkan informasi pendaftaran nomor kartu kredit, lihat alamat situs web. Harusnya alamat situs web berubah dari http ke ‘shttp’ atau ‘https’. Artinya informasi pembayaran itu dienkripsi, lebih amanlah pokoknya.

6. Amankan PC Anda

Minimal PC Anda harus punya antivirus. Lebih baik lagi kalau punya anti spyware dan firewall. Ingat, peranti lunak keamanan itu harus di-update secara teratur agar PC terlindung dari ancaman terbaru. Baiknya, atur saja proses update secara otomatis.

7. Pertimbangkanlah cara pembayaran

Pembayaran biasanya dilakukan dengan kartu kredit. Dengan kartu kredit, Anda punya bukti kuat kalau Anda sudah melakukan transaksi kalau barang tidak diantar atau tidak sesuai pesanan.

Tapi, karena banyaknya pencurian nomor kartu kredit, pembayaran dengan menggunakan sistem seperti PayPal, Transfer Kirim, atau COD boleh dipertimbangkan.

8. Periksa harga total

Harga barang, plus ongkos bungkus, plus ongkos kirim, mudah-mudahan ada diskonnya. Bandingkan harga total dari suatu situs web dengan situs web lain.

9. Simpan bukti transaksi

Termasuk deskripsi produk dan harga, kuitansi digital, dan juga salinan e-mail antara Anda dengan penjual.

10. Matikan PC Anda setelah transaksi

Kalau PC dinyalakan terus, bisa saja sudah ada garong yang sudah menanamkan malware, mengambil alih kendali PC dan melakukan transaksi.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY