Setelah Sidik Jari Dan Iris Mata, Samsung Bakal Gunakan Telapak Tangan Sebagai...

Setelah Sidik Jari Dan Iris Mata, Samsung Bakal Gunakan Telapak Tangan Sebagai Sensor Keamanan Biometrik

43
0
SHARE

Beberapa tahun terakhir ini banyak smartphone yang sudah menggunakan fitur keamanan biometrik seperti sensor sidik jari, iris mata, dan yang terbaru ada pengenalan wajah. Lalu apakah bakal ada sistem keamanan biometrik selanjutnya?

Tampaknya Samsung telah memiliki ide untuk fitur keamanan biomterik selanjutnya yang diketahui berkat pengajuan paten milik mereka. Dalam aplikasi paten yang ditemukan oleh CNET, Samsung memiliki ide bahwa telapak tangan manusia bisa digunakan sebagai salah satu cara mengamankan perangkat kita atau dengan kata lain sebagai password.

Paten tersebut menunjukkan bahwa password kita bisa disembunyikan di garis-garis telapak tangan. Untuk membuka password, kita hanya perlu memperlihatkan telapak tangan kita di depan kamera belakang agar perangkat bisa memindainya. Bahkan jika dapat dimungkinkan, cara baru ini juga bisa dikembangkan untuk otentikasi diri dengan perangkat seperti pemindaian sidik jari atau iris mata.

Namun ada juga pertanyaan keamanan dan kehandalan dari sistem ini, dimana sistem tersebut harus cukup kuat agar tidak bisa diakali dengan foto telapak tangan pengguna lain. Tentu untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan teknologi indera yang lebih mendalam seperti teknologi Face ID milik Apple. Selain itu, ada pula pertanyaan mengenai seberapa cepat sistem tersebut dalam memindai telapak tangan pengguna, apakah sistem ini bisa lebih cepat dari pemindaian sidik jari, iris mata, dan wajah atau justru malah lebih memakan waktu.

Namun karena ini masih dalam bentuk paten, jadi tidak ada jaminan bahwa ide ini akan benar-benar diterapkan oleh perusahaan.

 

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY