Manfaat Akar Alang–alang Si Tanaman Liar Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Akar Alang–alang Si Tanaman Liar Bagi Kesehatan Tubuh

436
0
SHARE

Alang-alang adalah jenis rumput yang hidup bebas di alam dan biasanya tumbuh di daerah perbukitan yang mempunyai ciri-ciri berdaun panjang dan tajam. Dalam bahasa latin disebut dengan Imperata cylindrica. Alang-alang biasanya menjadi tanaman pengganggu atau gulma pada lahan pertanian.

Cara bertumbuh tanaman ini adalah dengan mengandalkan hembusan angin, kemudian benih alang-alang tersebar dari hembusan tersebut, setelah itu benih yang terbawa arus angin akan menjadi tanaman bibit baru.

  • Daun alang-alang
Daun tanaman alang-alang memiliki bentuk memanjang seperti pita dan berjenis tunggal, pangkalnya saling menutup. Daun alang-alang memiliki warana hijau ada juga yang kemerah-merahan jika umurnya sudah tua, ujung daun runcing dan tajam serta berdiri tegak dan kasar, harus hati-hati jika kita mendekat dan bersentuhan dengan tanaman ini karena daunnya bisa melukai kulit dan timbul rasa gatal.
  • Bunga alang-alang
Bunga tanaman alang-alang mempunyai susunan bulir yang majemuk serta agak memguncup, panjang daun bisa tumbuh dari 6–28 cm. Di dalam setiap cabangnya terdiri dari 2 bulir.
  • Tangkai alang-alang
Tangkai bunga alang-alang biasanya mempunyai diameter tangkai 1–3 mm, pada bagian kepala putik memiliki bentuk menyerupai bulu ayam.

Alang-alang mengandung unsur kimia alami seperti glukosa, manitol, asam sitrat, asam malic, arundoin, coixol, fernerol, silindrin, anemonin, simiarenol, esin, saponin, alkali, polifenol, dan taninin. Kandungan ini terdapat pada bagian batang, akar dan bunganya yang sering dijadikan alternatif pengobatan tradisional.

Manfaat Alang-alang Dan Caranya:

1.  Mengobati Asma
Alang-alang bermanfaat untuk mengobati penyakit asma. Caranya yaitu rebus 100 gram akar alang-alang, 25 gram kencur, 25 gram daun sirih di tambah dengan 1 liter air, setelah airnya tinggal setengah lalu disaring dan masukan 1 sendok teh madu dan 1 sendok teh air jeruk nipis, air ini di minum sekaligus sebelum tidur malam.

2.  Mengobati Diare
Alang-alang bermanfaat untuk mengobati penyakit diare. Caranya yaitu rebus 250 gram akar alang-alang lalu masukan 2 gelas air dan tunggu hingga 15 menit, kemudian minum setelah anda buang air besar.

3.  Mengobati Hipertensi Akibat Ginjal
Alang-alang bermanfaat untuk mengobati penyakit hipertensi akibat ginjal. Caranya yaitu rebus 200 gram akar alang-alang dan manisan labu putih dengan 2 gelas air, hingga airnya setengah lalu saring dan dinginkan, minum 2 kali dalam sehari.

4.  Mengobati Kencing Batu
Alang-alang bermanfaat untuk mengobati penyakit kencing batu. Caranya yaitu rebus 100 gram akar alang-alang, 1/2 genggam daun meniran, 1/2 genggam daun kumis kucing dan 5 gelas air sampai airnya tinggal setengah, kemudian saring, dinginkan, minum 3 kali sehari masing-masing 1 gelas sampai batunya keluar.

5.  Mengobati Keputihan
Alang-alang bermanfaat untuk mengobati penyakit keputihan. Caranya yaitu rebus 500 gram akar alang-alang, 2 tangkai daun pepaya, 5 gram pulasari dan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah, saring kemudian minum 2 kali sehari.

6.  Melancarkan Air Seni
Alang-alang bermanfaat untuk melancarkan air seni. Caranya yaitu rebus 250 gram akar alang-alang, gula batu dan 3 gelas air tunggu hingga 10 menit, kemudian saring dan di dinginkan, minum 3 kali sehari masing-masing 1 gelas.

7.  Mengobati Mimisan dan Hepatitis
Alang-alang bermanfaat untuk mengobati mimisan dan hepatitis. Caranya yaitu rebus 200 gram akar alang-alang yang sudah di cuci lalu beri 6 gelas air tunggu hingga airnya tinggal 2 gelas, kemudian saring lalu dinginkan, minum 3 kali sehari.

8. Mengobati Radang Paru-paru
Alang-alang bermanfaat mengobati radang paru-paru. Caranya yaitu rebus 500 gram akar alang-alang, 5 helai daun sembung, 10 kuntum bunga melati kering, garam dan 3 gelas air sampai tersisa setengah, kemudian saring minum 2 kali sehari.

 

|| MuMu ||

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY