Manfaat Sereh Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Sereh Bagi Kesehatan Tubuh

3401
0
SHARE

Sereh merupakan salah satu jenis rumput- rumputan, tanaman ini hidup baik di daerah yang udaranya panas maupun basah.Sereh banyak tersebar di daerah – daerah tropic lainnya dan ditanam untuk diambil minyaknya, terutama didaerah – daerah berkembang.

Secara fisik, Sereh hampir sama dengan rumput namun memiliki ukuran yang lebih besar. Daunnya memiliki tekstur kasar dan tajam pada bagian sampingnya. Ketika daun disobek, wangi khasnya akan segera menyebar. Bagian Sereh yang biasa digunakan sebagai bumbu masak adalah batangnya. Batangnya berwarna putih dan memiliki struktur yang tidak terlalu keras.

Sereh memliki kandungan antibakteri dan antimikroba sehingga sangat baik untuk mencegah infeksi. Selain itu, terdapat kandungan senyawa analgesik yang berguna untuk meredakan rasa sakit. Beberapa manfaat dan khasiat Sereh yaitu untuk sakit kepala, otot dan sendi ngilu, batuk, nyeri  lambung, diare, haid tidak teratur, bengkak sehabis melahirkan , memar, penolak  serangga, menurunkan berat badan, menurunkan tekanan darah, mengobati diabetes,dll.

Rasa sereh adalah pedas dan bersifat hangat, Sereh mengandung minyak atsiri dengan komponen citronellai, citrai, geraniol, methylheptone, eugenol methyleteer, dipenten, eugenol, kadinen, kedinol, dan limonene.

Sereh juga memiliki bau yang harum. Karena keharumannya, Sereh dijadikan bahan baku untuk membuat sabun, lotion atau minyak. Minyak Sereh yang selama ini dikenal di Indonesia merupakan Minyak Sereh Wangi ( citronella oil.)

Berhati-hati bagi yang memiliki kulit yang sensitif dalam menggunakan Minyak Sereh karena akan menimbulkan rasa yang  sangat panas dan dapat menimbulkan iritasi pada kulit. Minyak Sereh juga tidak disarankan digunakan pada wanita hamil karena dapat meningkatkan denyut jantung secara berlebihan.

 

|| MuMu ||

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY