Bahaya Yang Ditimbulkan Akibat Langsung Tidur Setelah Makan

Bahaya Yang Ditimbulkan Akibat Langsung Tidur Setelah Makan

186
0
SHARE

Langsung tidur setelah makan dapat mengakibatkan kualitas tidur Anda tidak optimal, bahkan dapat meningkatkan risiko penyakit. Sebaiknya makan malam terakhir dilakukan beberapa jam sebelum tidur. Jika Anda sangat lapar dan terpaksa harus makan sebelum tidur, sebaiknya pilih makanan yang mudah dicerna dan makan dalam porsi kecil, seperti buah.

Jika Anda makan makanan berat mendekati waktu tidur, Anda akan mengalami akibat, seperti:

 

  1. Heartburn

Jika Anda makan mendekati waktu tidur, apalagi makan makanan yang tinggi lemak, Anda akan merasa penuh dan kembung. Lebih dari itu, langsung tidur setelah makan dapat menyebabkan heartburn, yaitu sensasi panas pada perut bagian atas atau terkadang sampai ke tenggorokan yang disebabkan oleh naiknya asam lambung. Sensasi panas ini membuat tidur malam Anda tidak nyenyak.

 

  1. Stroke

Penelitian yang dilakukan oleh University of Ioannina Medical School di Yunani menunjukkan bahwa tidur setelah makan dapat mengakibatkan risiko penyakit stroke. Penelitian ini melibatkan 500 orang sehat yang dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu 250 orang yang mempunyai riwayat penyakit stroke sebelumnya dan 250 orang yang didiagnosis sindrom koroner akut. Sindrom koroner akut adalah jenis penyakit jantung yang paling umum, di mana aliran darah ke jantung menurun yang disebabkan oleh penyumbatan arteri dan dapat mengakibatkan sesak pada dada sampai serangan jantung.

Penelitian ini menunjukkan bahwa mereka yang memiliki jarak paling lama antara makan dan tidur berada dalam risiko terendah untuk terkena stroke.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY