Temuan Kemenhub: Cek Kesehatan di Beberapa Maskapai Tak Sesuai SOP

Temuan Kemenhub: Cek Kesehatan di Beberapa Maskapai Tak Sesuai SOP

171
0
SHARE

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menemukan beberapa maskapai penerbangan yang melakukan pemeriksaan kesehatan kepada awak pesawat tidak sesuai dengan standar operasional dan prosedur (SOP).

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, temuan itu didapat setelah jajarannya mengevaluasi SOP pemeriksaan kesehatan awak pesawat di Bandara Soekarno-Hatta.

Salah satu maskapai yang tidak sesuai dengan SOP yakni, Citilink Indonesia.

“Kami lakukan evaluasi kepada semua maskapai di Bandara Soekarno-Hatta dan ada beberapa yang tidak memenuhi prosedur,” ujarnya di Kantor Otoritas Bandara Wilayah I, Tangerang, Rabu (4/1/2017).

Oleh karena itu, Budi Karya memerintahkan kepada Direktur Jenderal Perhubungan Udara untuk memberikan teguran tertulis kepada ma?skapai yang bersangkutan. Hal ini agar, maskapai yang bersangkutan bisa melakukan pembenahan.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Suprasetyo menerangkan, kesalahan prosedur yang dilakukan  Citilink Indonesia. Yakni, pemeriksaan kesehatan dilakukan oleh awak itu sendiri.

Padahal, kata dia, pemeriksaan kesehatan harusnya dilakukan oleh tenaga medis seperti dokter yang terdapat di bandara.

Selain Citilink Indonesia, maskapai penerbangan yang salah melakukan pemeriksaan kesehatan adalah Lion Air. Karena, Lion Air melakukan pemeriksaan kesehatan awak pesawat tidak menyeluruh, tetapi secara hanya sebagian.

“Kami juga telah menegur Lion Air, supaya tidak random untuk pemeriksaan alkohol. Kami beri waktu jangka waktu satu bulan untuk keduanya melakukan pembenahan,” tandasnya.

Sebelumnya, pilot Citilink Indonesia diduga mabuk saat sebelum melakukan penerbangan. Itu dilihat dari rekaman video yang tersebar di media sosial.

Atas kejadian itu, manajemen Citilink Indonesia memecat pilot yang bersangkutan sebagai penerbang.

Kejadian ini juga membuat Direktur Utama Citlink dan Direktur Produksi mengundurkan diri. Kemenhub juga telah mencabut lisensi izin terbang pilot yang bersangkutan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY