Sedang haid, peserta Pilkada Banda Aceh baca Iqrak di luar masjid

Sedang haid, peserta Pilkada Banda Aceh baca Iqrak di luar masjid

200
0
SHARE

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Banda Aceh telah melakukan uji kemampuan baca Alquran untuk empat pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Banda Aceh, Kamis (29/9) di Masjid al-Makmur, Lamprit, Banda Aceh.

Semua peserta sudah berada dalam masjid sejak pukul 14.00 WIB dan satu persatu dipanggil tim penguji untuk diuji kemampuan membaca Alquran. Kecuali calon wali kota Prof Adjust Mariati, M.Kes yang tidak berada dalam masjid, hanya calon Wakilnya saja yaitu Amir Usman Daroy.

Ternyata Prof Adjust Mariati, M.Kes harus diuji kemampuan baca Alquran di halaman masjid, karena sedang datang bulan dan tidak dibenarkan untuk memegang Alquran. Dia pun diberi kesempatan untuk diuji di luar masjid yang telah disediakan tenda khusus.

Ketua KIP Banda Aceh, Munawarsyah mengatakan, calon ini karena sedang berhalangan. Sehingga diuji kemampuan membaca Alquran di halaman masjid dan diberikan Iqrak jilid 6.

“Atas banyak pertimbangan dan masukan dari banyak pihak, kita sediakan tempat khusus untuk diuji kemampuan membaca Alquran,” kata Munawarsyah usai uji baca Alquran.

Katanya, Prof Mariati, M.Kes memberitahukan dirinya berhalangan setelah magrib kemarin. Mendapat laporan itu, pihaknya mengambil inisiatif untuk menguji calon tersebut di halaman masjid yang didirikan khusus tenda untuk calon tersebut.

“Makanya kita sediakan tempat khusus di luar, intinya semua calon harus mengikuti uji kemampuan baca Quran,” jelasnya.

Adapun empat peserta Pilkada Banda Aceh yang ikut bertarung dalam Pilkafa 15 Februari 2017 mendatang adalah Adnan Beuransyah-Umar Rafsanjani, Illiza Sa’aduddin Djamal-Farid Nyak Umar, Prof Adjust Mariati-Amir Usman Daroy dan Aminullah Usman-Zainal Arifin.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY