Lahan terbatas jadi alasan Pemkot Bekasi larang parkir di plasa

Lahan terbatas jadi alasan Pemkot Bekasi larang parkir di plasa

102
0
SHARE

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Yayan Yuliana mengatakan, sterilisasi area Plasa Pemkot Bekasi dari parkir kendaraan baru sebatas uji coba. Penerapan secara resmi akan dilakukan mulai Senin pekan depan.

“Parkir dialihkan ke tempat parkir di Stadion Chandrabaga, karena lahan parkir di Plasa Pemkot Bekasi terbatas,” kata Yayan, Kamis (29/9).

Dia berdalih, lahan parkir di Plasa Pemkot Bekasi hanya bisa menampung sekitar seribu kendaraan, baik roda dua dan empat. Sedangkan kendaraan yang masuk ke kantor tersebut melebihi kapasitasnya, sehingga kondisi parkir cukup semrawut.

“Kebijakan ini dikeluarkan karena kondisi parkir di kantor Pemda sangat kacau (crowded). Jumlah kendaraan yang datang dengan lahan parkir di kantor Pemda tidak sebanding,” jelasnya.

Oleh karena itu, lanjut Yayan, kendaraan yang parkir di stadion belum dipungut biaya. Namun ke depan, pihaknya akan memberlakukan tarif parkir dengan tujuan untuk mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor parkir.

Berdasarkan pantauan merdeka.com, gerbang masuk Plasa Pemkot Bekasi dijaga oleh anggota Satpol PP. Petugas itu buru-buru menyetop kendaraan yang hendak masuk dan mengarahkan ke gedung parkir di stadion.

“Di sini hanya khusus untuk kendaraan dinas, silakan parkir di stadion,” kata seorang petugas.

Rupanya kebijakan itu dikeluhkan masyarakat yang mempunyai keperluan di kantor pemerintah tersebut. Soalnya, meski jarak antara gedung parkir ke Plasa Pemkot Bekasi tak jauh, namun tak ada fasilitas yang menjadi akses.

Satu-satunya jembatan penyeberangan yang ada letaknya cukup jauh. Karena itu, lebih banyak menggunakan tempat penyeberangan berupa zebra cross yang memiliki resiko kecelakaan cukup tinggi. Pasalnya, lalu lintas kendaraan cukup padat dengan kecepatan tinggi di Jalan Ahmad Yani.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY