Kemenkominfo gaet perusahaan China bangun laboratorium TIK di Unhas

Kemenkominfo gaet perusahaan China bangun laboratorium TIK di Unhas

119
0
SHARE

Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Universitas Hasanuddin dan ZTE mengikat kerjasama dengan menekan Memorandum of Understanding (MoU). Salah satu aplikasinya adalah membangun laboratorium innovation center.

Penandatangan nota kesepahaman ini berlangsung di aula rapat senat di rektorat Universitas Hasanuddin (Unhas), Kamis (29/9). Dari perusahaan ZTE, penyedia solusi telekomunikasi, enterprise dan teknologi konsumen hadir Presiden Direktur ZTE Indonesia, Mei Zhong Hua, dari Kemenkominfo di wakili kepala Balitbang SDM, Basuki Yusuf Iskandar dan dari Unhas di wakili Rektor IV bidang perencanaan, pengembangan dan kerjasana, Prof Dr Budu.

“Kita memberi apresiasi terhadap ZTE yang tidak hanya bergerak di bidang bisnis tapi juga memikirkan CSR (Corporate Social Responsibility) yang intinya dalam kerjasama ini diarahkan ke pengembangan SDM karena persiapan di bidang SDM kita memang perlu diperkuat, perlu ditingkatkan untuk hadapi MEA dan global competition,” kata Basuki Yusuf Iskandar dari Kemenkominfo.

Di laboratorium innovation center ini, kata Basuki, berupa penyiapan peralatan dan bimbingan. Di laboratorium ini nantinya dimanfaatkan bagaimana menghasilkan ide-ide dalam bidang Informasi dan Teknologi (IT) untuk menjadi satu produk.

Jadi, laboratorium ini akan menjadi pusat pelatihan dan penelitian gabungan atau Joint Research. Didukung juga dengan pemberian beasiswa pelatihan. Oleh karenanya, kata Basuki, kerjasama untuk pengembangan SDM ini diharapkan tidak hanya di Unhas tapi juga perguruan-perguruan tinggi lainnya di Indonesia.

Sementara Mei Zhong Hua, Direktur ZTE Indonesia mengatakan, perkembangan teknologi saat ini semakin cepat dan terjadi di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Seiring dengan perkembangan zaman, ZTE telah berkomitmen untuk mendukung perkembangan industri teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia.

“Tidak hanya di beberapa wilayah saja tapi juga di seluruh wilayah di Indonesia. Saat ini kami nangga dapat jalin kerjaaama dengan Unhas, salah satu institusi pendidikan yang paling prestisius di Indonesia bagian Timur,” kata Mei Zhong Hua.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY