Jakarta dan Sekitarnya Masih Berpotensi Hujan Lebat Hingga Besok

Jakarta dan Sekitarnya Masih Berpotensi Hujan Lebat Hingga Besok

87
0
SHARE

Warga Jabodetabek masih harus bersiap-siap akan adanya hujan lebat yang mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Denny Wahyu mengatakan bahwa laporan terakhir terkait cuaca ekstrem dari BMKG bahwa dari Senin kemarin (26/09/2016) hingga besok, Jumat (30/09/2016) Jakarta masih berpotensi hujan-angin seperti beberapa hari yang lalu.

“Info terakhir itu (cuaca ekstrem) di tanggal 26 sampai 30 September, tidak eksplisit daerah mana tapi di Jabodetabek akan terjadi hujan lebat disertai angin kencang,” kata Denny Wahyu dalam konferensi pers Kesiapan Menghadapi Cuaca Ekstrem 2016 di Gedung Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (29/09/2016).

Denny mengatakan bahwa informasi tersebut masih bisa meleset namun minus beberapa jam BMKG akan memberi kepastian apabila memang benar akan berpotensi hujan lebat.

“1 atau 2 jam sebelumnya akan lebih spesifik dan apabila benar (cuaca ekstrem) akan langsung kami share ke media sosial,” kata Denny.

Terkait kesiapan pemerintah DKI dalam menghadapi kemungkinan banjir yang mungkin kembali datang, Dinas Tata Air pun mengaku akan mengerahkan upaya untuk mencegah hal itu terjadi.

“Dari awal Desember, kapanpun situasinya kami di Dinas Tata Air dengan mengerahkan segala daya dan upaya kami dari Dinas Tata Air bekerja keras dengan ini, kami punya kekuatan yang luar biasa karena kita punya sumber daya,” kata Kepala Dinas Tata Air DKI Jakarta Teguh Hendrawan di lokasi yang sama.

Dengan adanya pasukan biru, Teguh mengatakan bahwa Dinas Tata Air telah mengerahkan ribuan personil untuk mengecek lokasi yang rawan ‘diserang’ banjir.

“Pasukan biru ada 2.127 personil, ada di 5 wilayah kota, nah kita sebar dan kita mapping mana saja lokasi yang rawan,” lanjut Teguh.

Lalu, daerah manakah yang sekarang menjadi prioritas akan tergenang banjir menurut Pemprov DKI?

“Seluruh lokasi jadi prioritas, di 261 kelurahan di Jakarta kita sebar (pasukan biru semuanya),”

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY