Tak Hanya Protes Mikrofon, Trump Juga Keluhkan Moderator Debat, Ada Apa?

Tak Hanya Protes Mikrofon, Trump Juga Keluhkan Moderator Debat, Ada Apa?

193
0
SHARE

Calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Republik Donald Trump melontarkan kritik kepada moderator debat Leslie Holt yang menurut dia kurang seimbang dalam menjalankan tugas.

Dia tak mulus memoderasi debat pertama capres AS yang digelar di Universitas Hofstra, Hempstead, Selasa pagi (28/9/2016) WIB.

Trump menilai Holt menanyakan pertanyaan yang terlalu “berat” kepadanya.

“Dia mengabaikan hal-hal kecil mengenai Hillary Clinton, dia tidak pernah bertanya kepadanya mengenai topik-topik itu, ya yang seperti telah anda ketahui,” keluh Trump di acara Fox and Friends.

“Tetapi saya ditanya mengenai pajak saya, topik yang sudah saya jawab 500 kali, kamu tahu, saya rasa saya tampil baik ketika kita berdua ditanyakan pertanyaan ‘normal’,” sebutnya.

“Saya menjawab dengan baik,” lanjut taipan real estate ini.

Trump kemudian memberi nilai C+ kepada moderator dari stasiun televisi NBC News itu.

Dia memuji performa 45 menit pertama Holt yang menurut dia menanyakan isu-isu yang relevan.

Namun pebisnis berusia 70 ini mengkritik sisa debat di mana dia menilai Holt menjadi bias dengan menanyakan kepadanya pertanyaan yang berkaitan dengan sejumlah kepentingan bisnisnya.

Misalnya, kasus pengajuan tuntutan diskriminasi yang diajukan ke perusahaan real estat Trump di tahun 1970-an.

“Leslie tidak pernah bertanya kepada Hillary mengenai emailnya sama sekali, tidak ada pertanyaan mengenai skandal itu, Juga, Leslie tidak pernah bertanya kepadanya mengenai kasus Benghazi,” kata Trump.

“Dia sama sekali tidak menanyakan Hillary banyak hal yang seharusnya ditanya, tidak ada juga pertanyaan mengenai Yayasan Clinton,” tegas Trump.

Setelah performa debat yang dinilai buruk oleh banyak pengamat dan juga stasiun televisi, Trump dan tim kampanyenya seperti menghabiskan waktu untuk mengalihkan kesalahan ke moderator.

“Saya kecewa Lester tidak pernah menyinggung sedikit pun skandal-skandal yang mengelilingi Hillary Clinton selama ini, mulai dari investigasi FBI, kekacauan di Benghazi, Libya,” tutur Gubernur Indiana Mike Pence yang juga cawapres Trump.

Selain mengkambinghitamkan moderator, sebelumnya Trump juga menyalahkan mikrofon debat.

Dia menilai mikrofon yang dipakainya bermasalah, hingga dia kesulitan melakukan debat sepanjang 90 menit dengan Mantan Menteri Luar Negeri AS itu.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY