Dua Gol Walcott Antar Arsenal Tundukkan Basel

Dua Gol Walcott Antar Arsenal Tundukkan Basel

194
0
SHARE

Theo Walcott on fire. Lewat dua golnya di babak pertama, Arsenal menang 2-0 atas tamunya, FC Basel, pada laga Grup A Liga Champions.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Emirates, Kamis (29/9/2016) dini hari WIB, Arsenal tampil dominan di babak pertama. Tidak hanya dari segi penguasaan bola, tetapi juga dari jumlah percobaan untuk mencetak gol (attempts).

Selain unggul 63% dalam penguasaan bola, Arsenal juga sukses melepaskan 11 attempts sepanjang babak pertama, di mana 6 di antaranya tepat sasaran. Basel sendiri kesulitan untuk keluar dari tekanan; mereka hanya mampu membuat 2 attempts di paruh pertama laga dan tidak ada satu pun yang mengarah ke sasaran.

Gol pertama Arsenal tercipta di menit ketujuh. Gol tersebut diawali oleh umpan lob kepada Alexis Sanchez di sisi lapangan. Pemain depan asal Chile itu lantas mengirim umpan silang ke kotak penalti yang lantas disundul oleh Walcott.

Buat Sanchez sendiri assist itu menunjukkan kontribusi positifnya buat Arsenal di Liga Champions. Dalam catatan BBC, itu adalah assist keenamnya dari 15 gol terakhir Arsenal di Liga Champions.

Walcott sempat mendapatkan peluang untuk mencetak gol di menit ke-22, namun tendangan kaki kirinya masih melenceng. Baru pada menit ke-26 ia berhasil mencetak gol keduanya.

Gol kedua Walcott juga tercipta berkat assist Sanchez. Kali ini, Walcott melakukan operan satu-dua dengan Sanchez sebelum akhirnya melakukan tusukan dan melepaskan tendangan kaki kanan ke arah pojok.

Menjelang babak pertama berakhir, Arsenal mendapatkan beberapa peluang lagi untuk mencetak gol. Sepakan Mesut Oezil dari dalam kotak penalti masih melenceng, sedangkan sepakan Sanchez dihentikan oleh kiper Basel, Tomas Vaclik.

Empat menit menjelang babak pertama berakhir, Oezil kembali mendapatkan kans. Kali ini, ia menyambut umpan dari Sanchez dan menyelesaikannya dengan sepakan kaki kanan. Namun, lagi-lagi tendangannya melenceng dari sasaran.

Di babak kedua, pertandingan berjalan lebih seimbang. Basel yang kesulitan untuk mengkreasikan peluang di paruh pertama, sempat beberapa kali mengancam gawang Arsenal.

Sekitar satu jam pertandingan berjalan, Birkir Bjarnason melepaskan tendangan kaki kiri dari sisi kiri. Tetapi, tendangannya melambung. Sedangkan tendangan Andraz Sporar beberapa menit setelahnya melebar.

Sebaliknya, tidak banyak peluang bersih diciptakan Arsenal di pertengahan babak kedua, meskipun mereka masih mendominasi penguasaan bola. Walcott, sang pahlawan, akhirnya ditarik pada menit ke-70 dan digantikan oleh Alex Oxlade-Chamberlain.

Menjelang pertandingan berakhir, barulah Arsenal mendapatkan beberapa peluang. Meski begitu, tidak ada satu pun yang membuat mereka menambah keunggulan atas Basel.

Dengan hasil ini, Arsenal berada di posisi kedua klasemen Grup A dengan nilai 4. Sementara, Basel berada di posisi keempat dengan nilai 1.

Susunan Pemain

Arsenal: Ospina, Bellerin, Koscielny, Mustafi, Monreal (Gibbs 75), Xhaka, Cazorla, Iwobi (Elneny 70), Oezil, Walcott (Oxlade-Chamberlain 70), Sanchez.

Basel: Vaclik, Traore, Xhaka, Balanta, Suchy, Lang, Zuffi (Elyounoussi 71), Fransson, Bjarnason (Delgado 79), Steffen, Doumbia (Sporar 58).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY