Rekor Kandang Apik PSG vs Ketangguhan Arsenal Lawan Klub Prancis

Rekor Kandang Apik PSG vs Ketangguhan Arsenal Lawan Klub Prancis

127
0
SHARE

Meski melakoni laga tandang, Arsenal punya peluang besar meraup angka penuh. Begitupun dengan Paris St Germain karena rekor kandang yang cemerlang.

PSG akan menjamu Arsenal di laga penyisihan Grup A yang digelar di Parc des Princes, Rabu (14/9/2016) dinihari WIB. Itu akan jadi pertarungan kedua klub untuk yang pertama sejak berjumpa di ajang Piala Winners 1993-94 atau lebih dari dua dekade silam.

PSG sedang dalam performa kurang meyakinkan setelah gagal menang dalam dua pertandingan terakhirnya di Ligue 1. Sebaliknya, The Gunners justru mulai konsisten setelah tersendat di dua laga pertama liga, dengan meraup kemenangan dalam dua pertandingan terakhir termasuk kemenangan susah payah atas Southampton 2-1 akhir pekan lalu.

Arsenal masih berupaya memperbaiki lajunya dalam enam musim terakhir di mana mereka selalu tersingkir di babak 16 besar. Sedangkan Les Parisiens akan mencoba maju ke semifinal untuk kali pertama sejak melakukannya di musim 1994-95.

Berikut data dan fakta seputar pertandingan PSG vs Arsenal yang dirangkum oleh Opta:

– Satu-satunya pertemuan terakhir PSG dan Arsenal adalah semifinal Piala Winners 1993-94. Arsenal unggul agregat 2-1, termasuk seri 1-1 di Parc des Princes.

– PSG hanya kalah sekali dalam 39 laga kandang di kompetisi Eropa [menang 25, seri 13]. Kekalahan itu terjadi saat dikalahkan Barcelona 1-3 pada April 2015.

– Arsenal tidak terkalahkan dalam 12 laga kandang melawan klub Prancis di kompetisi Eropa [menang 8, seri 4], termasuk memenangi tujuh lawatan terakhirnya.

– Tapi hanya sekali [dalam 7 pertandingan] sebuah klub Inggris bisa mengalahkan PSG di kompetisi Eropa. Itu dilakukan oleh Chelsea-nya Jose Mourinho pada September 2004 dengan skor 3-0.

– Ini adalah yang kelima beruntun bagi PSG berkompetisi di Liga Champions atau sembilan secara keseluruhan. Hanya Lyon [14] yang memiliki penampilan lebih banyak di kompetisi ini di antara klub-klub Prancis.

– PSG selalu tersingkir di perempatfinal dalam empat musim terakhir. Laju terbaik mereka sampai sekarang adalah semfinal 1994-95 saat didepak AC Milan.

– Sejak kembali ke Liga Champions pada 2012-13, PSG memenangi 17 dari 24 laga fase grup [imbang 3, kalah 4].

– Musim lalu, PSG cuma kebobolan satu gol dalam enam laga grup Liga Champions.

– Arsenal sudah lolos ke Liga Champions untuk 19 kalinya berturut-turut, hanya Real Madrid [20] yang memiliki laju lebih panjang.

– Arsenal selalu berhasil lolos dari fase grup dalam 13 musim terakhir tapi selalu tersingkir di babak 16 besar dalam enam musim terakhir. Satu-satunya babak final yang pernah dipijak berakhir dengan kekalahan dari Barcelona di 2006.

– Tidak ada hasil seri dalam 12 laga terakhir Arsenal [menang 6, kalah 6]/

– Edinson Cavani hanya mencetak satu gol dalam sembilan laga terakhirnya di Liga Champions; dia mencetak enam gol dalam sembilan laga sebelumnya.

– Petr Cech mengemas 47 clean sheet dalam 111 pertandingan Liga Champions. Hanya Iker Casillas [51] dan Edwin van der Sar [50] yang lebih banyak dari Cech di antara kiper.

– Alexis Sanchez telah mencetak tiga gol dan menyumang lima assist dalam 13 pertandingan terakhir Arsenal di Liga Champions [62%].

– Unai Emery hanya sekali mencapai babak knockout Liga Champions dalam empat partisipasi; dengan Valencia di 2010-11 [tersingkir di babak 16 besar]. Dia kalah sembilan kali dari 12 pertandingan di kompetisi ini ini [menang 3].

– Arsene Wenger sudah tampil di 176 pertandingan Liga Champions, lebih banyak daripada manajer yang ada sekarang. Hanya Alex Ferguson yang lebih banyak dari dia [190]. Terakhir kali Wenger menghadapi PSG pada Agustus 1994 dengan Monaco; dia kalah 0-1 di Parc des Princes dalam ajang Ligue 1.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY