Peru Diguncang Gempa, Empat Orang Tewas

Peru Diguncang Gempa, Empat Orang Tewas

235
0
SHARE

Gempa berkekuatan 5,3 Skala Richter mengguncang Peru. Gempa ini menewaskan empat orang, termasuk seorang turis dari Amerika Serikat. 55 Orang mengalami luka-luka, bangunan juga hancur.

Dilansir AFP, Selasa (16/8/2016), gempa itu terjadi pada Minggu (14/8). Pernyataan terkait korban jiwa dinyatakan pihak berwenang setempat pada Senin (15/8) waktu setempat.

Guncangan gempa menrobohkan sekitar 50 rumah dan merusak jalanan dan fasilitas lainnya di selatan kawasan Arequipa. “Ini tragis. Mereka mendapati orang-orang yang terluka sebisa mereka,” kata penduduk desa Yanque, John Rivera.

“Listrik padam. Kami saat ini masih punya air, namun kami tak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya,” katanya kepada radio RPP.

Pertahanan sipil menyatakan satu dari korban tewas adalah warga negara Amerika Serikat berumur 66 tahun. Dia tewas di dalam kamar hotel di Yanque. Desa ini memang dirundung kerusakan terparah.

Gempa bumi memang lumrah terjadi di Peru, namun gempa kali ini punya kedalaman cukup dangkat, yakni 8 kilometer. Akibatnya, kerusakan di sekitar pusat gempa menjadi tak terhindarkan.

Pusat gempa berada pada 10 kilometer dari kota Chivay, Ibu Kota dari Provinsi Caylloma. Hal tersebut diinformasikan oleh Institut Geofisika Peru.

“Kami merasakan getaran yang kuat. Inilah yang menyebabkan seluruh lembah Colca hancur,” kata Wali Kota Caylloma, Romulo Tinta, kepada RPP.

“Kami tak punya sambungan komunikasi antardesa-desa. Kami meminta bantuan alat berat untuk membuka akses,” kata Romulo.

Gubernur Arequipa, Yamila Osorio, meminta bantuan makanan dan pakaian. Bantuan bisa diterbangkan menuju orang-orang korban gempa bumi ini.

Akibat kejadian ini, lebih dari 80 rumah ditinggal. Namun petugas tak bisa mencapai pusat gempa. “Kami harus menyatakan kondisi darurat pada zona ini,” kata Perdana Menteri Peru Fernando Zavala.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY