Manfaat Olahraga Angkat Beban bagi Tubuh

Manfaat Olahraga Angkat Beban bagi Tubuh

366
0
SHARE

Angkat beban merupakan salah satu olahraga yang bisa kita pilih untuk menurunkan berat badan. Tapi, sebenarnya latihan kekuatan ini tak hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan, membangun otot, dan mencegah penyakit saja. Nah, berikut manfaat lainnya dari angkat beban:
1. Memperpanjang usia

Ketika beranjak tua, semakin besar massa otot yang kita miliki, semakin kecil kemungkinannya terjadi kematian dini.

“Semakin besar massa otot kita, semakin rendah risiko kematian dini,” ujar Arun Karlamangla, M.D, salah satu peneliti dari UCLA.

Oleh karena itu, kita perlu berusaha untuk memaksimalan dan menjaga massa otot kita. Nah, angkat bebanlah cara terbaik  untuk memaksimalkan massa otot kita.
2.  Tidur lebih baik

Senam memang bisa membantu kita untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Tapi, angkat beban juga bisa menghasilkan manfaat demikian.

Angkat beban yang dilakukan secara rutin, bisa mengurangi kemungkinan terjaga di malam hari. Alhasil, tidur akan lebih nyenyak.
3. Melindungi tulang

Angkat beban bisa kita pilih sebagai menu latihan bila ingin meningkatkan kepadatan tulang. Olahraga ini bisa melindungi kita dari osteoporosis.

Penelitian menunjukkan, angkat beban yang dilakukan rutin oleh orang tua, bisa mengurangi risiko terjatuh sekitar 30 persen. Biasanya, terjatuh ini disebabkan karena kemampuan dan kepadatan tulang yang telah menurun.
4. Lebih bahagia

Seperti bentuk aktivitas fisik lainnya, angkat beban bisa  menghasilkan keajaiban bagi kesehatan mental kita.

Olahraga ini bisa mengurangi kecemasan dan depresi. Bahkan, bisa meningkatkan kekuatan otot kita. Nah, kalau kecemasan dan depresi menjauh, tentu hari-hari kita akan lebih bahagia, bukan?
5. jantung makin sehat

Kardio bukanlah satu-satunnya bentuk latihan yang bisa meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Angkat beban yang dilakukan secara rutin, bisa menurunkan tekanan darah kita secara efektif.

The American Heart Association menyarankan, lakukanlah sesi latihan kekuatan ini setidaknya dua kali dalam seminggu.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY