17 Agustus, Yuk Jadi “Volunteer” di 16 Pulau Terluar Indonesia

17 Agustus, Yuk Jadi “Volunteer” di 16 Pulau Terluar Indonesia

273
0
SHARE

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Ditjen Kelautan, Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (KP3K) tahun ini memusatkan kegiatan di Pulau Enggano. Ini adalah salah satu pulau terluar Indonesia yang terletak di Provinsi Bengkulu.

“Tahun ini KKP memusatkan kegiatan di Pulau Enggano. Akan ada banyak kegiatan yang bekerja sama dengan banyak pihak, salah satunya Aksi Tepian Negeri,” tutur Direktur Pendayagunaan Pulau-pulau Kecil KKP, Ridho Batubara kepada KompasTravel, Senin (8/8/2016).

Lewat Aksi Tepian Negeri, wisatawan bisa ikut serta dalam perayaan 17 Agustus di pulau-pulau terluar Indonesia. Anda cukup mendaftarkan diri jadi volunteer atau sukarelawan.

Ini adalah tahun kedua Aksi Tepian Negeri digelar. Ada 16 pulau terluar yang jadi tujuan yaitu Enggano, Subi Kecil, Sebatik, Maratua, Lingayan, Marore, Kakorotan, Bepondi, Panambulai, Liran, Alor, Masela, Selaru, Larat, Kolepom, dan Pajenekang.

“Acaranya dimulai serentak pada 13-17 Agustus 2016. Ada enam kegiatan yang bisa diikuti wisatawan dan tentunya warga lokal,” tutur Darmadi, penggiat Aksi Tepian Negeri saat dihubungi KompasTravel.

Enam kegiatan tersebut adalah reef check, kelas inspirasi, pemutaran film, clean up alias bersih-bersih pantai, rumah baca, dan tentunya upacara bendera.

Reef check digelar di lima pulau yaitu Enggano, Maratua, Selaru, Pajenekang, dan Pulau Bras. Di Pulau Bras, kami bekerja sama dengan militer karena di sana merupakan pangkalan militer,” papar Darmadi.

Di tiap pulau, wisatawan maupun volunteer akan terjun langsung dalam prosesi upacara bendera. Selain itu, akan ada pula pemutaran film Racing Extinction yang berkisah tentang kemungkinan hilangnya setengah spesies flora dan fauna dari muka bumi.

“Ini dilakukan agar masyarakat semakin paham pentingnya keberlangsungan hidup di lingkungan mereka,” tambah Darmadi.

Selain jadi volunteer, Anda juga bisa menjadi donatur untuk aksi ini. Bisa berupa dana, buku, dan barang-barang lainnya yang berguna untuk masyarakat di pulau-pulau terluar Indonesia.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY