Jakub Blaszczykowski, Pahlawan Euforia Polandia

Jakub Blaszczykowski, Pahlawan Euforia Polandia

368
0
SHARE
Football Soccer - Ukraine v Poland - EURO 2016 - Group C - Stade Velodrome - Marseille, France - 21/6/16 Poland's Jakub Blaszczykowski celebrates after scoring a goal REUTERS/Yves Herman

MARSEILLE – Pertandingan Ukraina vs Polandia di matchdayterakhir penyisihan Grup C Piala Eropa 2016 tadinya berlangsung biasa saja. Memang betul ada jual beli serangan antar kedua tim di laga yang berjalan di Stade Velodrome, Marseille, Selasa 21 Juni 2016 malam WIB tersebut. Tapi tidak ada peluang yang benar-benar berbahaya. Kemampuan pemain kedua tim, terutama personel lini depannya malah terlihat melempem.

Lalu masuk lah Jakub Błaszczykowski di babak kedua menggantikan Piotr Zielinski. Permainannya tidak terlalu mencolok, tapi tembakan pertama dan terakhirnya ke gawang Ukraina di laga itu menghasilkan gol.

Euforia pun melanda pemain, bangku cadangan dan fans Polandia. Namun pertandingan masih panjang dan Ukraina bisa saja menyamakan kedudukan bahkan menang. Apalagi pasukan Mikhail Fomenko itu cukup menguasai pertandingan dengan 66 persen penguasaan bola berbanding 34 persen milik Polandia. Plus Ukraina bisa menyentuh bola sebanyak 757 kali berbanding 474 kali yang dilakukan lawannya, mengutip dari laman penyedia data statistik permainan sepakbola, Whoscored, Rabu (22/6/2016).

Namun permainan mubazir dan terburu-buru Ukraina tidak sekalipun menghasilkan gol. Dan itu sudah terjadi sejak laga pertama penyisihan Grup C Piala Eropa 2016.

Kembali ke Błaszczykowski, gelandang 30 tahun yang sedang dipinjamkan Borussia Dortmund ke Fiorentina itu mampu memberikan kepercayaan diri kepada rekan-rekannya di lapangan. Meski permainannya tidak sebagus kiper Lukasz Fabianski atau penyerang Arkadiusz Milik, Błaszczykowski bisa berpengaruh efektif untuk permainan Polandia.

Menurut Whoscored, Błaszczykowski hanya melakukan 20 kali sentuhan, sekali shot on goal yang langsung gol dan rata-rata passing akurat hingga 81,8 persen. Sudah cukup membuat Polandia tidak kedodoran di laga itu.

Polandia pun lolos ke babak 16 besar dengan status runner-up Grup C setelah meraih dua kemenangan, sekali imbang, mencetak dua gol dan tidak kebobolan sekalipun. Anak asuh Adam Nawalka menemani Jerman dengan poin akhir yang sama, tujuh.

Football Soccer - Ukraine v Poland - EURO 2016 - Group C - Stade Velodrome  - Marseille, France - 21/6/16   Poland's Jakub Blaszczykowski celebrates after scoring a goal    REUTERS/Yves Herman
Football Soccer – Ukraine v Poland – EURO 2016 – Group C – Stade Velodrome – Marseille, France – 21/6/16 Poland’s Jakub Blaszczykowski celebrates after scoring a goal REUTERS/Yves Herman

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY