Kapolri Bicara Keunggulan Komjen Tito dan Tantangan Besar di Polri

Kapolri Bicara Keunggulan Komjen Tito dan Tantangan Besar di Polri

274
0
SHARE

Jakarta – Komjen Tito Karnavian yang menjadi calon tunggal Kapolri melompati empat generasi. Kapolri Jenderal Badrodin Haiti mengatakan hal itu tidak merusak kaderisasi yang di ada di tubuh Polri.

“Saya rasa tidak (merusak kaderisasi). Saya selalu sampaikan bahwa setiap perwira yang sudah bintang tiga tentu sudah punya kemampuan memimpin Polri,” kata Badrodin di PTIK Jalan Tirtayasa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (17/6/2016).

Tetapi, Badrodin menuturkan, setiap perwira tinggi di Polri punya kelebihan dan keunggulan masing-masing. Itu bisa dilihat baik dari pendidikan, rekam jejak jabatan-jabatan yang pernah diemban, maupun masukan dari masyarakat.

“Sehingga pilihan inilah yang saya pikir tepat, karena mempunyai banyak keunggulan-keunggulan. Pak Tito sendiri, baik dari sisi akademik, kemampuan manajerial, teknis profesi di dalam komunikasi, itu semua punya keunggulan-keunggulan masing-masing,” ujarnya.

Soal PR besar apa yang harus segera dibenahi Tito saat menjabat Kapolri nanti, Badrodin menyampaikan ada masalah internal dan operasional Polri yang harus dibenahi. Sebab, ke depan Polri menghadapi berbagai tantangan yang harus diwaspadai.

“Yang pertama terorisme, radikalisme, masalah terkait toleransi dan konflik sosial, termasuk juga kejahatan konvensional yang marak,” ujarnya.

“Ke depan ini era digital tentu ada kejahatan cyber, ada juga kejahatan cyber teroris ada cyber narkotik tentu ini nanti akan berkembang. Maka itu tantangan yang harus kita hadapi,” sambungnya.

Badrodin mengungkapkan, tidak bisa hanya menggunakan cara konvensional dalam menangani berbagai permasalahan itu. Sebab, dikawatirkan bisa mengaburkan locus delictinya dan alat bukti bisa tidak sesuai dengan pasal 184 KUHP.

“Ini memerlukan teknis tersendiri dalam penanganannya. Hal ini harus kita hadapi. Di internal juga ada dalam rekrutmen, dalam pembinaan personil, kemudian dalam masalah efisiensi anggaran, semua jadi satu yang harus dipenuhi,” tutupnya.
(idh/hri)6ab3d281-801a-46a3-9010-281f70401c8f_169

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY