Irlandia Utara Tumbangkan Ukraina 2-0

Irlandia Utara Tumbangkan Ukraina 2-0

363
0
SHARE

LYON – Irlandia Utara sukses menumbangkan Ukraina dengan skor 2-0 pada matchday kedua Grup C Piala Eropa 2016 di Parc Olympique Lyonnais, Jumat (17/6/2016) dini hari WIB. Gol Irlandia Utara dicetak Gareth McAuley di awal babak kedua dan Niall McGinn tepat di penghujung laga.

Dengan kemenangan ini, asa Irlandia Utara untuk lolos ke fase 16 besar pun terbuka. Mereka kini mengantongi poin tiga dari dua pertandingan. Sementara itu, Ukraina masih belum mengemas poin setelah dua kali keok.

Babak Pertama

Di sepuluh menit pertama, kedua tim saling jual beli serangan. Meski demikian, tidak ada peluang bersih yang dihasilkan kedua tim. Ukraina mengandalkan serangan dari flank dengan Yovhen Konoplyanka sebagai tumpuan. Lionel Messi-nya Ukraina itu ditugaskan pelatih Mykhaylo Fomenko untuk menyuplai bola sebanyak-banyaknya bagi Seleznyov yang tampil sebagai lone striker.

Sementara itu, Irlandia Utara mengandalkan Conor Wahington sebagai ujung tombak tunggal di depan. Pelatih Michael O’Neill membangkucadangkan bomber Kyle Lafferty yang tampil buruk di partai pertama kontra Polandia.

Selepas menit 15, Irlandia Utara mulai mendikte laga. Kombinasi sang kapten, Steven Davis dengan duo gelandang, Chris Evans dan Oliver Norwood cukup bisa menguasai lini vital. Meski demikian, lagi-lagi tidak ada peluang yang tercipta. Tempo permainan memang tidak lambat, tapi permainan di final third kedua tim masih kacau.

Menit 24, centre back Ukraina, Rakitskiy, coba membawa bola dan merengsek ke depan. Ia pun melepas tembakan kaki yang cukup keras, namun bola masih bisa diamankan kiper Irlandia Utara, McGovern.

Menit 26, Ukraina kembali menebar ancaman. Fullbcak Shevchuk menyisir sisi kiri dan mencoba mengirimkan bola kepada Seleznyov. Tapi, bek sentral Irlandia Utara, McAuley masih sigap menghalau bola.

Menit 34, tandem McAuley, Catchcart, hampir saja merobek gawang Ukraina yang dikawal Pyatov. Tandukannya menyambut  umpan sepak pojok Davis hanya tipis saja melayang diatas mistar gawang Ukraina. Nyaris!

Sampai menit 40, Irlandia Utara mulai kembali memegang kendali permaianan, seiring dengan semakin gencarnya serangan-serangan yang mereka lancarkan dari sisi sayap.

Menit 42, sebuah cross-shoot Davis meluncur deras ke gawang Ukraina. Beruntung pyatov dengan sigap menepis bola. Sampai wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya paruh pertama, skor masih imbang tanpa gol.

Babak Kedua

Baru empat menit paruh kedua berjalan, Irlandia Utara sukses mencetak gol lewat set-piece. Umpan free kick Norwood disambut dengan diving header McAuley. Tandukan yang cantik dari sang centre back veteran! 1-0 Irlandia Utara unggul.

Menit 51, Ukraina langsung keluar menyerang untuk mendapatkan gol penyama kedudukan. Seleznyov mendapat bola kiriman dari Yarmolenko. Namun, sundulan sang penyerang masih bisa diamankan McGovern dengan tenang.

Setelah itu, Ukraina terus melancarkan serangan dengan cukup sporadis. Namun, tusukan-tusukan armada Fomenko selalu berhasih dipatahkan duet McAuley dan Cathcart di lini belakang, yang dibantu Jonny Evans dan Aaron Hughes sebagai duo fullback.

Menit 70, pemain pengganti McGinn mendapat bola di tengah dan coba membangun serangan dari sisi kanan. Namun, umpan silangnya dengan mudah dipatahkan oleh Rakitskiy. Dua menit kemudian, Kovalenko mencoba menyontek bola hasil umpan dari Seleznyov. Namun, usahanya hanya sedikit saja menyamping dari gawang McGovern.

Setelah itu, Ukraina kian menguasai lini tengah dan terus menekan. Serangan ganda dari Shevchuk dan striker pengganti, Zozulya kembali mampu digagalkan McGovern yang bermain gemilang.

Terus menyerang, Ukraina malah kecolongan dan kebobolan lagi di menit terakhir laga. Pemain pengganti Niall McGinn sukses memanfaatkan bola muntah hasil sepakan Dallas yang sempat ditepis Pyatov. Gol ini terjadi di menit keenam injury time babak kedua. 2-0 Irlandia Utara unggul! Setelah gol ini, wasit pun meniup peluit panjang tanda laga usai.

Susunan Pemain:

Ukraina: Pyatov, Fedetskiy, Rakitskiy, Shevchuk, Khacheridi, Stepanenko, Sydorchuk/Garmash, Yarmolenko, Kovalenko/Zinchenko, Konoplyanka, Seleznyov/Zozulya.

Irlandia Utara: McGovern, Hughes, Cathcart, McAuley, J. Evans, S. Davis, Norwood, C. Evans/McNair, Dallas, Ward/McGinn, Washington/Magennis.

(rul)irlandia-utara-tumbangkan-ukraina-2-0-Sd9yjikcSC

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY