Fahri Hamzah: Jokowi Pilih Komjen Tito untuk Reformasi Kepolisian

Fahri Hamzah: Jokowi Pilih Komjen Tito untuk Reformasi Kepolisian

345
0
SHARE

akarta – Wakil Ketua DPR menyebut Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno datang sendiri pagi ini ke kompleks parlemen untuk mengantar surat pengajuan pergantian Kapolri dari Presiden Joko Widodo.

Fahri menjelaskan, Mensesneg meminta proses pengesahan Komjen Tito Karnavian untuk menjadi Kapolri disegerakan.

“Kami kedatangan Pak Pratikno, membawa surat dari Jokowi, Presiden mengajukan Tito sebagai calon kapolri. Kami menerima permintaan Pratikno agar prosesnya lebih cepat,” ujar Fahri kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (15/6/2016).

Fahri sendiri memberikan apresiasi kepada Presiden Jokowi soal penunjukkan Komjen Tito sebagai calon tunggal Kapolri.

“Kita cukup kaget dengan pilihan Jokowi. Saya sendiri berikan apreasiasi pada presiden, karena memilih yang tidak ada kontroversinya. Ini berikan isyarat baik, Presiden dukung percepatan reformasi di kepolisian,” papar Fahri.

“Soal senioritas, itu challenge di kepimpinan baru. Tito bisa yakinkan itu. Jangan lagi ada kubu-kubuan. Sekarang saatnya bersatu menjadi lembaga penegakan hukum. Saya kira akan disetujui semua senior dan junior di kepolisian,” imbuhnya.

Fahri sendiri juga berharap proses pengesahan lebih cepat dan akan melaksanakan rapat pimpinan besok.

“Pagi rapim, siangnya tetapkan bamus, lalu meminta persertujuan paripurna bahwa pencalonan Kapolri diberikan pada Komisi III. Komisi III bisa lakukan fit dan proper test. Saya kira ini bisa cepat,” ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, Ketua DPR Ade Komarudin memastikan bila calon Kapolri pilihan Jokowi adalah Tito Karnavian. Ade sudah menerima pemberitahuan dan surat dari Mensesneg Pratikno dan akan segera memproses Tito.

“Jadi tadi sebelum ke sini saya menerima Mensesneg. Beliau menyampaikan surat yang penting kepada dewan,” jelas Ade di sela-sela meninjau Stasiun gambir, Jakarta, Rabu (15/6/2016).

“Surat tersebut berisi, presiden menyampaikan pencalonanan Komjen Tito Karnavian. Satu-satunya menjadi calon Kapolri,” tegas Ade.
(dra/dra)b0b03bee-28f8-44ba-952d-3d1b5280374a_169

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY